Pengertian-Definisi Pendidikan Anak Usia Dini

Pengertian Pendidikan Anak Usia Dini

Selamat berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi wawasan seputar Pendidikan Anak Usia Dini. Atau mungkin sobat ingin sekedar melihat posting sebelumnya yang membahas tentang "Menampilkan Logo Klub Sepak Bola di Chat FB". semoga bermanfaat.

PAUD, pengertian paud, pendidikan anak usia dini, pengertian pendidikan anak usia dini, info paud, berita paud, pendidikan paud

Mengacu Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, Pasal 1 Butir 14 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut (Pendidikan Dasar).

Dalam perkembangannya, masyarakat telah menunjukkan kepedulian terhadap masalah pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan anak usia dini untuk usia 0 sampai dengan 6 tahun dengan berbagai jenis layanan sesuai dengan kondisi dan kemampuan yang ada, baik dalam jalur pendidikan formal maupun non formal. Penyelenggaraan PAUD jalur pendidikan formal berbentuk Taman Kanak-Kanak (TK)/Raudhatul Atfal (RA) dan bentuk lain yang sederajat, yang menggunakan program untuk anak usia 4 – =6 tahun. Sedangkan penyelenggaraan PAUD jalur pendidikan nonformal berbentuk Taman Penitipan Anak (TPA) dan bentuk lain yang sederajat, yang menggunakan program untuk anak usia 0 – <2 -="6" 0="0" 2="2" 4="4" anak="anak" bentuk="bentuk" bermain="bermain" dan="dan" kelompok="kelompok" lain="lain" menggunakan="menggunakan" p="p" pengasuhan="pengasuhan" program="program" sederajat="sederajat" tahun.="tahun." tahun="tahun" untuk="untuk" usia="usia" yang="yang">
Standar PAUD merupakan bagian integral dari Standar Nasional Pendidikan sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang dirumuskan dengan mempertimbangkan karakteristik penyelenggaraan PAUD. Standar PAUD terdiri atas empat kelompok, yaitu: (1) Standar tingkat pencapaian perkembangan; (2) Standar pendidik dan tenaga kependidikan; (3) Standar isi, proses, dan penilaian; dan (4) Standar sarana dan prasarana, pengelolaan, dan pembiayaan.

Tingkat pencapaian perkembangan disusun berdasarkan kelompok usia anak: 0 – <2 0="0" 1="1" 2="2" 4="4" anak="anak" berlangsung="berlangsung" bulanan="bulanan" dalam="dalam" dan="dan" dilakukan="dilakukan" enam="enam" ini="ini" karena="karena" kelompok="kelompok" p="p" pada="pada" pengelompokan="pengelompokan" per="per" perkembangan="perkembangan" pesat.="pesat." rentang="rentang" sangat="sangat" sebelumnya.="sebelumnya." selanjutnya="selanjutnya" sepesat="sepesat" tahap="tahap" tahun.="tahun." tahun="tahun" tidak="tidak" tiga="tiga" untuk="untuk" usia="usia" waktu="waktu">
(lebih jelas dan detailnya sobat bisa melihat Permendiknas no.58 th.2009 tentang standar PAUD, sedangkan untuk kriteria dan perangkat akreditasi TK/RA sobat bisa melihat Permendiknas no.52 th.2009)

Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

Ada dua tujuan diselenggarakannya pendidikan anak usia dini yaitu:
  • Tujuan utama: untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan pada masa dewasa.
  • Tujuan penyerta: untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah.
Rentangan anak usia dini menurut Pasal 28 UU Sisdiknas No.20/2003 ayat 1 adalah 0-6 tahun. Sementara menurut kajian rumpun keilmuan PAUD dan penyelenggaraannya di beberapa negara, PAUD dilaksanakan sejak usia 0-8 tahun.

Ruang Lingkup Pendidikan Anak Usia Dini
  • Infant (0-1 tahun)
  • Toddler (2-3 tahun)
  • Preschool/ Kindergarten children (3-6 tahun)
  • Early Primary School (SD Kelas Awal) (6-8 tahun)
Untuk lebih jelas dan detailnya mengenai Pendidikan Anak Usia Dini, sobat bisa mengunjungi official website Kemdikbud yang memang dikhususkan untuk publikasi masalah seputar PAUD, mulai dari berita dan informasi terbaru PAUD, Instrumen Pendataan DIKMAS, Instrumen Pendataan KURSUS, Instrumen Pendataan PAUD, Standar Operasional dan Prosedur (SOP) PENDATAAN PAUDNI dan masih banyak lagi (paudni.kemdikbud.go.id : klik disini)

Dari kelahiran sampai usia 3 tahun, kanak-kanak Indonesia pada umumnya tidak memiliki akses terhadap pendidikan formal. Dari usia 3 sampai 4 atau 5 tahun, mereka memasuki taman kanak-kanak. Pendidikan ini tidak wajib bagi warga negara Indonesia, tujuan pokoknya adalah untuk mempersiapkan anak didik memasuki sekolah dasar. Dari 49.000 taman kanak-kanak yang ada di Indonesia, 99,35% diselenggarakan oleh pihak swasta. Periode taman kanak-kanak biasanya dibagi ke dalam "Kelas A" (atau Nol Kecil) dan "Kelas B" (atau Nol Besar), masing-masing untuk periode satu tahun.

Sebagian besar sekolah di Indonesia memulai tahun pelajarannya pada bulan Juli. Satu tahun pelajaran dibagi ke dalam dua semester. Semester ganjil dimulai dari Juli sampai dengan Desember dan semester genap dari Januari sampai dengan Juni.

Jenjang Lama waktu (menit) per mata pelajaran
Prasekolah = 35
Sekolah dasar = 40
Sekolah menengah = 45
Sekolah tinggi = 50

Itulah tadi posting tentang Definisi PAUD. Terimakasih atas kunjungannya n jangan bosan-bosan ataupun jenuh untuk berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini, semoga ada guna dan manfaatnya. wassalam.
sumber: wikipedia | paudni.kemdikbud