.

Definisi-Pengertian Pendidikan Menengah

Pengertian Pendidikan Menengah

Selamat berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi wawasan seputar Pendidikan Menengah. Atau mungkin sobat ingin sekedar melihat posting sebelumnya yang membahas tentang "Pengertian Pendidikan Dasar". semoga bermanfaat.

pendidikan menengah, pengertian pendidikan menengah, pendidikan indonesia, definisi pendidikan menengah, info pendidikan menengah, berita pendidikan menengah, sma, ma, slta, smu, smk, paket c

Pendidikan menengah (sebelumnya dikenal dengan sebutan sekolah lanjutan tingkat atas atau SLTA) adalah jenjang pendidikan lanjutan pendidikan dasar.

Sekolah menengah pertama (SMP) dan madrasah tsanawiyah (MTs) adalah bagian dari pendidikan dasar di Indonesia. Setelah lulus dari SD/MI, para siswa dapat memilih untuk memasuki SMP atau MTs selama tiga tahun pada kisaran usia 12-14. Setelah tiga tahun dan lulus, para siswa dapat meneruskan pendidikan mereka ke sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), atau madrasah aliyah (MA). Di Indonesia, pada tingkatan ini terdapat tiga jenis sekolah, yaitu sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), dan madrasah aliyah (MA). Siswa SMA dipersiapkan untuk melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi, sedangkan siswa SMK dipersiapkan untuk dapat langsung memasuki dunia kerja tanpa melanjutkan ke tahapan pendidikan selanjutnya. Madrasah aliyah pada dasarnya sama dengan sekolah menengah atas, tetapi porsi kurikulum keagamaannya (dalam hal ini Islam) lebih besar dibandingkan dengan sekolah menengah atas.

Jenis dan Satuan Pendidikan Penyelenggara Pendidikan Menengah

Pendidikan menengah umum

pendidikan menengah, pengertian pendidikan menengah, pendidikan indonesia, definisi pendidikan menengah, info pendidikan menengah, berita pendidikan menengah, sma, ma, slta, smu, smk, paket c
Pendidikan menengah umum diselenggarakan oleh sekolah menengah atas (SMA) (sempat dikenal dengan "sekolah menengah umum" atau SMU) atau madrasah aliyah (MA). Pendidikan menengah umum dikelompokkan dalam program studi sesuai dengan kebutuhan untuk belajar lebih lanjut di perguruan tinggi dan hidup di dalam masyarakat. Pendidikan menengah umum terdiri atas 3 (tiga) tingkat.

Sekolah menengah atas (SMA), adalah jenjang pendidikan menengah pada pendidikan formal di Indonesia setelah lulus Sekolah Menengah Pertama (atau sederajat). Sekolah menengah atas ditempuh dalam waktu 3 tahun, mulai dari kelas 10 sampai kelas 12.

Madrasah aliyah (MA) adalah jenjang pendidikan menengah pada pendidikan formal di Indonesia, setara dengan sekolah menengah atas, yang pengelolaannya dilakukan oleh Kementerian Agama. Kurikulum madrasah aliyah sama dengan kurikulum sekolah menengah atas, hanya saja pada MA terdapat porsi lebih banyak muatan pendidikan agama Islam, yaitu Fiqih, Akidah akhlak, Al Quran dan Hadits, Bahasa Arab dan Sejarah Islam (Sejarah Kebudayaan Islam).

Pada tahun kedua (yakni kelas 11), siswa SMA/MA dapat memilih salah satu dari 3 jurusan yang ada, yaitu Sains, Sosial, dan Bahasa.

Pendidikan menengah kejuruan
Pendidikan menengah kejuruan diselenggarakan oleh sekolah menengah kejuruan (SMK) atau madrasah aliyah kejuruan (MAK). Pendidikan menengah kejuruan dikelompokkan dalam bidang kejuruan didasarkan pada perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni, dunia industri/dunia usaha, ketenagakerjaan baik secara nasional, regional maupun global, kecuali untuk program kejuruan yang terkait dengan upaya-upaya pelestarian warisan budaya. Pendidikan menengah kejuruan terdiri atas 3 (tiga) tingkat, dapat juga terdiri atas 4 (empat) tingkat sesuai dengan tuntutan dunia kerja.

Satuan pendidikan penyelenggara
  • Sekolah menengah atas (SMA)
  • Madrasah aliyah (MA)
  • Sekolah menengah kejuruan (SMK)
  • Madrasah aliyah kejuruan (MAK)
  • Program paket C
  • Pendidikan diniyah menengah atas

Untuk lebih jelas dan detailnya mengenai Pendidikan Menengah, sobat bisa mengunjungi official website Kemdiknas (dikmen.kemdiknas.go.id) yang memang dikhususkan untuk publikasi masalah seputar Pendidikan Menengah, mulai dari berita/informasi terbaru Setditjen Dikmen, agenda kegiatan, kumpulan e-book, aplikasi Dikmen (B19, e-learning, e-dokumen, e-paper), Bansos SMA, Bansos SMK, galeri foto dan masih banyak lagi.

Bila sobat ingin lebih memfokuskan lagi pada informasi per-Satuan pendidikan, sobat bisa mengunjungi link-link dibawah ini:
  • psma.kemdiknas.go.id (dikhususkan untuk publikasi masalah seputar Pendidikan menengah umum)
  • ditpsmk.net (dikhususkan untuk publikasi masalah seputar Pendidikan menengah kejuruan)
  • pendis.kemenag.go.id (dikhususkan untuk publikasi masalah seputar Ditjen Pendidikan Islam)
  • www.ditpdpontren.com (dikhususkan untuk publikasi masalah seputar Pendidikan diniyah dan Pondok pesantren)
pendidikan menengah, pengertian pendidikan menengah, pendidikan indonesia, definisi pendidikan menengah, info pendidikan menengah, berita pendidikan menengah, sma, ma, slta, smu, smk, paket c
gambar tabel rata-rata usia pelajar dan tingkat pendidikannya
 

Sekelumit Perjalanan Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah (Ditjen Dikmen)

Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 36 tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan Nasional.  Organisasi yang semula bernama Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Ditjen Mandikdasmen, di pisah menjadi 2 Direktorat Jenderal yaitu Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar (Ditjen Dikdas) dan Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah (Ditjen Dikmen). Perubahan tata organisasi tersebut, merupakan bagian dari reformasi birokrasi yang di antara tujuannya meningkatkan layanan publik agar lebih efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

Adapun tugas Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah adalah merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standarisasi teknis di bidang pendidikan menengah. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam pasal 316, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah menyelanggarakan fungsi:

a. Perumusan Kebijakan di bidang pendidikan menengah
b. Pelaksanaan kebijakan di bidang pendidikan menengah
c. Penyusunan norma, standar, prosedur dan criteria di bidang pendidikan menengah;
d. Pemberian bimibingan teknis dan evaluasi di bidang pendidikan menengah dan
e. Pelaksanaan administrasi direktorat jenderal pendidikan menengah

sumber: wikipedia | dikmen.kemdiknas.go.id | ditpsmk.net | psma.kemdiknas.go.id | kemdikbud.go.id

Itulah tadi wawasan singkat seputar Pengertian Pendidikan Menengah. Terimakasih atas kunjungannya n jangan bosan-bosan ataupun jenuh untuk berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini, semoga ada guna dan manfaatnya. wassalam.