.

Definisi-Pengertian Pendidikan Nonformal

Pengertian Pendidikan Nonformal

Selamat berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi wawasan seputar Pendidikan Nonformal. Atau mungkin sobat ingin sekedar melihat posting sebelumnya yang membahas tentang "Pengertian Pendidikan Formal". semoga bermanfaat.

pendidikan nonformal, pengertian pendidikan nonformal, pendidikan indonesia, definisi pendidikan nonformal

Berikut ini sedikit ringkasan mengenai pendidikan nonformal yang merujuk pada UU No.20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas dan PP No.17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan

Pengertian
Pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang.

Prinsip
Pendidikan nonformal diselenggarakan berdasarkan prinsip dari, oleh, dan untuk masyarakat.

Fungsi
Pendidikan nonformal berfungsi:
  • sebagai pengganti, penambah, dan/atau pelengkap pendidikan formal atau sebagai alternatif pendidikan
  • mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional, serta pengembangan sikap dan kepribadian profesional dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat.
Tujuan
Pendidikan nonformal bertujuan membentuk manusia yang memiliki kecakapan hidup, keterampilan fungsional, sikap dan kepribadian profesional, dan mengembangkan jiwa wirausaha yang mandiri, serta kompetensi untuk bekerja dalam bidang tertentu, dan/atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Jenis
Pendidikan nonformal meliputi pendidikan kecakapan hidup, pendidikan anak usia dini, pendidikan kepemudaan, pendidikan pemberdayaan perempuan, pendidikan keaksaraan, pendidikan keterampilan dan pelatihan kerja, pendidikan kesetaraan, serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik.

Satuan pendidikan
Satuan pendidikan nonformal terdiri atas lembaga kursus, lembaga pelatihan, kelompok belajar, pusat kegiatan belajar masyarakat, dan majelis taklim, serta satuan pendidikan yang sejenis.

Kursus dan pelatihan diselenggarakan bagi masyarakat yang memerlukan bekal pengetahuan, keterampilan, kecakapan hidup, dan sikap untuk mengembangkan diri, mengembangkan profesi, bekerja, usaha mandiri, dan/atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Penyetaraan Hasil Pendidikan
Hasil pendidikan nonformal dapat dihargai setara dengan hasil program pendidikan formal setelah melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk oleh Pemerintah atau Pemerintah Daerah dengan mengacu pada standar nasional pendidikan.

Pengelolaan
Pengelolaan satuan pendidikan nonformal dilakukan oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan/atau masyarakat.

Perizinan
Setiap satuan pendidikan formal dan nonformal yang didirikan wajib memperoleh izin Pemerintah atau Pemerintah Daerah.

Kerja Sama Pengelolaan Pendidikan
Satuan pendidikan nonformal (yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Nonformal yang memiliki izin pendirian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan) Indonesia dapat menjalin kerja sama akademik dan/atau nonakademik dengan lembaga pendidikan negara lain.

Ok, beberapa uraian diatas hanya sebatas ringkasan saja, selanjutnya dibawah ini ada UU, PP dan Permendiknas yang mungkin bisa sobat gunakan sebagai tambahan bacaan.

UU No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional





PP No.17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan





PP No.66 Tahun 2010 (Perubahan PP No.17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan)





Permendiknas No.63 Tahun 2009 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan





Permendiknas No. 20 Tahun 2010 Tentang Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria di Bidang Pendidikan





sumber: id.wikipedia.org | kemdiknas.go.id | kemdikbud.go.id
unpad.ac.id | daa.ugm.ac.id | luk.staff.ugm.ac.id

Itulah tadi wawasan singkat seputar Pengertian Pendidikan Nonformal. Terimakasih atas kunjungannya n jangan bosan-bosan ataupun jenuh untuk berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini, semoga ada guna dan manfaatnya. wassalam.