.

Pengertian - Definisi Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli - Selamat berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi seputar Definisi Ilmu Ekonomi. Atau mungkin sobat ingin sekedar melihat posting sebelumnya yang membahas tentang "Lowongan Kerja Bank Muamalat Head Office 2013". semoga bermanfaat.

ilmu ekonomi, pengertian ilmu ekonomi, definisi ilmu ekonomi, ilmu ekonomi menurut para ahli, pengertian ilmu ekonomi menurut, pakar ilmu ekonomi, ahli ilmu ekonomi

Istilah "ekonomi" berasal dari bahasa Yunani, yaitu (oikos) yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan (nomos) yang berarti "peraturan, aturan, hukum". Secara garis besar, ekonomi diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga."

Ilmu ekonomi sebagai salah satu cabang Ilmu Pengetahuan diberi gelar  sebagai the oldest art, and the newest science yaitu seni yang tertua dan ilmu pengetahuan yang termuda. Masalah-masalah ekonomi lahir serentak dengan terbitnya matahari kemanusiaan puluhan ribu tahun silam. Tidak ada satu cabang ilmu pun yang lebih tua ataui lebih dahulu lahir daripadanya. Kebutuhan-kebutuhan manusia akan makanan, pakaian dan tempat tinggal telah memaksa manusia, penghuni-penghuni pertama bumi ini, untuk bergumul dan bergaul dengan masalah-masalah ekonomi. Pada saat-saat awal kehidupan manusia, istilah ekonomi sendiri belum ada.

Definisi yang paling umum mengenai ilmu ekonomi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berdaya upaya untuk memberikan pengetahuan dan pengertian tentang gejala-gejala masyarakat yang timbul karena perbuatan manusia dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan atau untuk mecapai kemakmuran.

Paul Anthony Wamuelson, seorang ekonom dari Massachusetts Institute of Technology, telah mengumpulkan  enam buah definisi dari berbagai ahli lain :
  1. Ilmu ekonomi atau ekonomi politik (political economy), adalah suatu studi tentang kegiatan-kegiatan yang, dengan atau tanpa menggunakan uang, mencakup atau melibatkan transaksi-transaksi pertukaran antar manusia;
  2. Ilmu ekonomi adalah suatu studi mengenai bagaimana orang menjatuhkan pilihan yang tepat untuk memanfaatkan sumber-sumber produktif (tanah, tenaga kerja, barang-barang modal semisal mesin, dan pengetahuan teknik) yang langkah dan terbatas jumlahnya, untuk menghasilkan berbagai-bagai barang (misalnya daging, mantel, perahu layar, konser musik, jalan raya, pesawat pembom) serta mendistribusikan (membagikannya) kepada pelbagai anggota masyarakat untuk mereka pakai/konsumsi;
  3. Ilmu ekonomi adalah studi tentang manusia dalam kegiatan hidup mereka sehari-hari, (untuk) mendapat dan menikmati kehidupan;
  4. Ilmu ekonomi adalah studi tentang bagaimana manusia bertingkah pekerti untuk mengorganisir kegiatan-kegiatan konsumsi dan produksinya;
  5. Ilmu ekonomi adalah  suatu studi tentang kekayaan;
  6. Ilmu ekonomi adalah studi tentang cara-cara memperbaiki masyarakat.
Seiring berjalannya waktu dan pendidikan yang semakin maju, tidak bisa dihindari akan munculnya para ahli ekonomi baru yang bisa jadi memberikan pengertian ilmu ekonomi menurut pandangan mereka sendiri.

Meski Paul Anthony Samuelson memberikan beberapa definisi yang dirangkumnya dari para ahli ekonomi lain, pada akhirnya beliau juga memberikan pernyataan sebagai kesimpulan. Tulisnya: Para ahli ekonomi sekarang lebih sepakat untuk menerima kebenaran sebuah definisi umum  sebagai berikut :
Economic is the study of how man and society end up choosing, with or without the use of money, to employ scare productive resources that could have alternative uses, to produce various commodities and distributive them for consumption, now or in the future, among various people and groups in society. It analizes the cost and benefits of improving pattern of resoursces allocation.

Ilmu ekonomi adalah studi mengenai cara-cara manusia dan masyarakat menentukan/menjatuhkan pilihannya, dengan atau tanpa menggunakan uang untuk menggunakan sumber-sumber produktif yang langkah yang dapat mempunyai penggunaan-penggunaan alternatif, untuk memprodusir pelbagai barang serta membagikannya untuk dikonsumsi, baik untuk waktu sekarang maupun yang akan datang, kepada pelbagai golongan dan kelompok di dalam masyarakat. Ilmu ekonomi itu menganalisis besarnya biaya-biaya serta keuntungan-keuntungan yang terjadi karena adanya perbaikan di dalam pola alokasi sumber-sumber.

Dari pengertian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa ilmu ekonomi adalah suatu cabang ilmu sosial yang mempelajari bagaimana upaya manusia dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas jumlahnya untuk memuaskan atau memenuhi kebutuhannya yang beraneka ragam dan sifatnya tidak terbatas. Oleh karena itu manusia harus melakukan pilihan-pilihan dalam rangka mencapai hasil atau kepuasan yang maksimum.

Pembagian Ilmu Ekonomi

Menurut Alfred W. Stoiner & Douglas C. Hagues Ilmu Ekonomi dibagi menjadi 3 yaitu :
  1. Descriptive Economics (ilmu ekonomi diskriptif) : Mengumpulkan semua kenyataan yang penting tentang pokok pembicaraan/topik yang tertentu. Contoh : Sistem pertanian dari Basutoland dan Industri katun di India.
  2. Economics Theory (ilmu ekonomi teori/teori ekonomi/analisis ekonomi) : memberikan penjelasan-penjelasan yang disederhanakan ttg caranya suatu sistem ekonomi bekerja dan ciri-ciri yang penting dari sistem seperti itu.
  3. Aplied Economics (ilmu ekonomi terapan) : Mempergunakan rangka dasar umum dari analisis yang diberikan oleh teori ekonomi untuk menerangkan sebab-sebab dan arti penting kejadian yang dilaporkan oleh para ahli ekonomi deskriptif.

Teori ekonomi terbagi menjadi dua yaitu :
  1. Teori ekonomi Mikro (Microeconomic Theory) : merupakan bagian  Ilmu Ekonomi  yang mempelajari tingkah agen (pelaku) ekonomi secara individual. atau ilmu ekonomi teori yang ruang lingkup bahasannya bersifat individual atau parsial yaitu mempelajari perilaku unit-unit ekonomi terkecil. Contoh : Teori Harga; Teori Kepuasan Konsumen; Teori Produksi dan lain-lain.
  2. Teori ekonomi Makro (Macroeconomic Theory) : merupakan bagian Ilmu Ekonomi  yang mempelajari perilaku agen (pelaku) ekonomi secara keseluruhan atau hubungan-hubungan variabel-variabel ekonomi yang bersifat aggregat.
Perbedaan antara teori ekonomi Mikro & teori ekonomi Makro :
  • Tentang luas sempit ruang lingkupnya masing-masing. Ibarat hutan , maka ekonomi mikro mempelajari pohon-pohon maka teori ekonomi makro mempelajari hutan
  • Tentang kesempatan kerja : Teori ekonomi mikro berasumsi bahwa semua sumber-sumber produktif sudah bekerja dan dipergunakan sepenuhnya (full employment). Sedangkan Teori ekonomi makro berasumsi bahwa perekonomian tidak selalu berada dalam keadaan  full employment

Metodologi Dalam Ilmu Ekonomi

Secara teori terdapat tiga metodologi dalam ilmu ekonomi, yaitu :
  1. Metode Deduktif (Abstraktif) Suatu cara penyelidikan yang di dasarkan atas dalil-dalil pokok ekonomi, kemudian dengan pikiran yang logis mencoba untuk menarik kesimpulan yang dihadapi secara umum.
  2. Metode Induktif (empiris) Suatu cara penyelidikan yang bertitik tolak dari fakta nyata berbagai peristiwa ekonomi, dihubungkan, disusun secara sistematis dan ditarik kesimpulan.
  3. Metode Sintesa : Yaitu penggabungan dari metode deduktif dan induktif.

Prinsip, Tindakan, Motif dan Hukum Ekonomi

Prinsip Ekonomi
Prinsip ekonomi merupakan pedoman untuk melakukan tindakan ekonomi yang didalamnya terkandung asas dengan pengorbanan tertentu diperoleh hasil yang maksimal.

Tindakan Ekonomi
Segala tindakan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya selalu berpegang pada prinsip ekonomi dan menyusun skala prioritas. Tindakan ekonomi terdiri atas dua aspek, yaitu :
  1. Tindakan ekonomi Rasional, setiap usaha manusia yang dilandasi oleh pilihan yang paling menguntungkan dan kenyataannya demikian.
  2. Tindakan ekonomi Irrasional, setiap usaha manusia yang dilandasi oleh pilihan yang paling menguntungkan namun kenyataannya tidak demikian.
Motif Ekonomi
Motif ekonomi adalah alasan ataupun tujuan seseorang sehingga seseorang itu melakukan tindakan ekonomi. Motif ekonomi terbagi dalam dua aspek:
  1. Motif Intrinsik, disebut sebagai suatu keinginan untuk melakukan tidakan ekonomi atas kemauan sendiri.
  2. Motif ekstrinsik, disebut sebagai suatu keinginan untuk melakukan tidakan ekonomi atas dorongan orang lain.
Pada prakteknya terdapat beberapa macam motif ekonomi:
  • Motif memenuhi kebutuhan
  • Motif memperoleh keuntungan
  • Motif memperoleh penghargaan
  • Motif memperoleh kekuasaan
  • Motif sosial / menolong sesama

Hukum Ekonomi
keseluruhan rumusan yang berlaku umum yang menggambarkan hubungan peristiwa ekonomi yang satu dengan peristiwa ekonomi lainnya.


Berikut ini beberapa buku yang mungkin bisa sobat jadikan rujukan, tambahan bacaan dan wawasan lebih luas lagi mengenai ilmu ekonomi :
  • Ace Partadireja (1999). Pengantar Ekonomika. Yogyakarta. BPFE UGM
  • Ari Sudarman (1997). Teori Ekonomi Mikro. Yogyakarta. BPFE
  • Boediono, 1992, Teori Pertumbuhan Ekonomi, Seri Sinopsis Pengantar Ilmu ekonomi, Edisi 1, Cetakan Ke 5, BPFE, Jogyakarta.
  • George Soule, 1994, Pemikiran Para Pakar Ekonomi Terkemuka, terjemahan T. Gilarso, , cetakan Pertama, Penerbit Kanisius, Jogyakarta.
  • Gregory N. Mankiw, Pengantar Ekonomi Jilid 1, Jakarta, Penerbit Erlangga, 2000
  • Imam Chourmain (1994) Pengantar Ilmu Ekonomi. Jakarta. Dirjen Dikti Depdikbud.
  • Manullang, M. dan Sragian L.D. 1971. Ilmu Ekonomi I, Sinar Harapan, Medan
  • Nicholson, W., 1995. Teori Ekonomi Mikro. Prinsip Dasar dan Pengembangannya. PT Radja Grafindo.
  • Richard.A. Billas (1993) Teori Mikro Ekonomi. Jakarta Erlangga.
  • Richard G. Lipsey, Pengantar Ilmu Ekonomi 2, Jakarta, PT Bina Aksara, 1985
  • Ritonga dkk, Pelajaran Ekonomi 3, Jakarta, Gema Insani Press, 2000
  • Sadono Sukirno (2000) Pengantar Teori Mikro Ekonomi. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
  • dan masih banyak lagi...
Itulah tadi posting singkat mengenai Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli. Terimakasih atas kunjungannya n jangan bosan-bosan ataupun jenuh untuk berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini, semoga ada guna dan manfaatnya. wassalam.