.

Pengertian-Definisi Pendidikan Dasar

Pengertian Pendidikan Dasar

Selamat berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi wawasan seputar Pendidikan Dasar. Atau mungkin sobat ingin sekedar melihat posting sebelumnya yang membahas tentang "Pengertian Pendidikan Anak Usia Dini". semoga bermanfaat.

pendidikan dasar, pengertian pendidikan dasar, pendidikan indonesia, definisi pendidikan dasar, info pendidikan dasar, berita pendidikan dasar, sd, smp, mi, mts, paket b

Pendidikan dasar adalah jenjang pendidikan awal selama 9 (sembilan) tahun pertama masa sekolah anak-anak. Pendidikan dasar menjadi dasar bagi jenjang pendidikan menengah. Periode pendidikan dasar ini adalah selama 6 tahun. Di akhir masa pendidikan dasar, para siswa diharuskan mengikuti dan lulus dari Ujian Nasional (UN). Kelulusan UN menjadi syarat untuk dapat melanjutkan pendidikannya ke tingkat selanjutnya (SMP/MTs).

Sekolah dasar (disingkat SD) adalah jenjang paling dasar pada pendidikan formal di Indonesia. Sekolah dasar ditempuh dalam waktu 6 tahun, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Lulusan sekolah dasar dapat melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Pertama (atau sederajat).

Pelajar sekolah dasar umumnya berusia 7-12 tahun. Di Indonesia, setiap warga negara berusia 7-15 tahun tahun wajib mengikuti pendidikan dasar, yakni sekolah dasar (atau sederajat) 6 tahun dan sekolah menengah pertama (atau sederajat) 3 tahun.
pendidikan dasar, pengertian pendidikan dasar, pendidikan indonesia, definisi pendidikan dasar, info pendidikan dasar, berita pendidikan dasar, sd, smp, mi, mts, paket b

Sekolah dasar diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta. Sejak diberlakukannya otonomi daerah pada tahun 2001, pengelolaan sekolah dasar negeri (SDN) di Indonesia yang sebelumnya berada di bawah Kementerian Pendidikan Nasional, kini menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota. Sedangkan Kementerian Pendidikan Nasional hanya berperan sebagai regulator dalam bidang standar nasional pendidikan. Secara struktural, sekolah dasar negeri merupakan unit pelaksana teknis dinas pendidikan kabupaten/kota.

Dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UU Nomor 20 Tahun 2001) Pasal 17 mendefinisikan pendidikan dasar sebagai berikut:

(1) Pendidikan dasar merupakan jenjang pendidikan yang melandasi jenjang pendidikan menengah.
(2) Pendidikan dasar berbentuk sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI) atau bentuk lain yang sederajat serta sekolah menengah pertama (SMP) dan madrasah tsanawiyah (MTs), atau bentuk lain yang sederajat.

Untuk lebih jelas dan detailnya mengenai Pendidikan Dasar, sobat bisa mengunjungi official website Kemdikbud yang memang dikhususkan untuk publikasi masalah seputar Pendidikan Dasar, mulai dari berita/informasi terbaru, pengumuman, Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK), Panduan Pelaksanaan Beasiswa Miskin (BSM) dan masih banyak lagi (dikdas.kemdikbud.go.id)

Selain dari beberapa uraian diatas, pada web dikdas.kemdikbud.go.id sobat juga bisa mengunduh file/materi yang berisi tentang referensi seputar Pendidikan Anti Korupsi mulai dari kelas 4 s/d kelas 9 yang sudah dipecah-pecah per-bab seperti terlihat dibawah ini.

Pendidikan Anti Korupsi SD Kls 4 - Cover Model Penyusunan
Pendidikan Anti Korupsi SD Kls 4 - TIM Penyusun
Pendidikan Anti Korupsi SD Kls 4 - DAFTAR ISI
Pendidikan Anti Korupsi SD Kls 4 - BAB I dan II
Pendidikan Anti Korupsi SD Kls 4 - BAB III

Pendidikan Antikorupsi SD Kls 5 - Cover
Pendidikan Antikorupsi SD Kls 5 - TIM Penyusun
Pendidikan Antikorupsi SD Kls 5 - Daftar Isi
Pendidikan Antikorupsi SD Kls 5 - BAB I dan II
Pendidikan Antikorupsi SD Kls 5 - BAB III

Pendidikan Anti Korupsi SD Kls 6 - Cover
Pendidikan Anti Korupsi SD Kls 6 - TIM Penyusun
Pendidikan Anti Korupsi SD Kls 6 - DAFTAR ISI
Pendidikan Anti Korupsi SD Kls 6 - BAB_I dan II
Pendidikan Anti Korupsi SD Kls 6 - BAB III

pendidikan dasar, pengertian pendidikan dasar, pendidikan indonesia, definisi pendidikan dasar, info pendidikan dasar, berita pendidikan dasar, sd, smp, mi, mts, paket b
gambar tabel usia pelajar dan tingkat pendidikannya

Satuan pendidikan penyelenggara :
  • Sekolah Dasar (SD)
  • Madrasah Ibtidaiyah (MI)
  • Program Paket A
  • Sekolah Menengah Pertama (SMP)
  • Madrasah Tsanawiyah (MTs)
  • Program Paket B
  • Pendidikan diniyah dasar dan menengah pertama
sumber: wikipedia | dikdas.kemdikbud.go.id | kemdiknas.go.id

Itulah tadi wawasan singkat seputar Pengertian Pendidikan Dasar. Terimakasih atas kunjungannya n jangan bosan-bosan ataupun jenuh untuk berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini, semoga ada guna dan manfaatnya. wassalam.