.

Pengertian Ekonometrika Menurut Para Ahli | Manfaat, Struktur dan Model Ekonometrika

Pengertian, Manfaat, Struktur dan Model Ekonometrika

Pengertian Ekonometrika Menurut Para Ahli - Selamat berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi seputar Definisi Ekonometrika serta Manfaatnya. Atau mungkin sobat ingin sekedar melihat posting sebelumnya yang membahas tentang "Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli". semoga bermanfaat.

ilmu ekonometrika, pengertian ekonometrika, definisi ekonometrika, ekonometrika menurut para ahli, pengertian ekonometrika menurut, metode ekonometrika, manfaat ekonometrika, tujuan ekonometrika, fungsi ekonometrika, dasar ekonometrika, konsep ekonometrika, pakar ekonometrika, ahli ekonometrika

Ekonometrika adalah ilmu yang membahas masalah pengukuran hubungan ekonomi. Dengan demikian, Ekonometrika adalah ilmu yang mencakup teori ekonomi, matematika, dan statistika dalam satu kesatuan sistem yang bulat, menjadi suatu ilmu yang berdiri sendiri dan berlainan dengan ilmu ekonomi; matematika; maupun statistika. Ekonometrika digunakan sebagai alat analisis ekonomi yang bertujuan untuk menguji kebenaran teorama-teorama teori ekonomi yang berupa hubungan antarvariabel ekonomi dengan data empirik.

Ekonometri adalah suatu ilmu yang memanfaatkan metematika dan teori statistik dalam mencari nilai parameter daripada hubungan ekonomi sebagaimana didalilkan oleh teori ekonomi. Karenanya, dalam praktek, ekonometri mencampurkan teori ekonomi dengan matematika dan teori statistik. Yang perlu diingat bahwa matematika dan teori statistik hanya merupakan alat bantu dalam melakukan analisis ekonometri yang pada hakekatnya lebih merupakan analisis ekonomi.

Perkembangan Ekonometri

Metode kuantitatif dalam ilmu ekonomi sebenarnya telah lama dikembangkan sejak abad ke-18. Vilfredo Pareto (Paris, 15 Juli 1848 -- Jenewa, 19 Agustus 1923) berkontribusi dalam menjelaskan distribusi pendapatan dan pilihan individu melalui pendekatan matematis yang berdasarkan atas teori ekonomi. Selain Pareto, Marie-Esprit-Léon Walras dari Perancis pada abad ke-18 mengembangkan teori keseimbangan umum yang menjelaskan mengenai aliran barang dan jasa dalam perekonomian.

Pada awal tahun 1950-an ekonometri dikembangkan sebagai satu cabang sendiri dari ilmu ekonomi. Jan Tinbergen dari Belanda, yang kini namanya diabadikan sebagai salah satu institusi akademik besar di Eropa (Tinbergen Institute), merupakan salah tokoh utama yang mengembangkan ilmu ini.

Saat ini ekonometri telah berkembang sedemikian pesat sehingga banyak jurnal ilmiah yang didedikasikan untuk ilmu ini, seperti Econometrica, Journal of Econometrics, Journal of Applied Econometrics, dan Journal of the Operational Research. Penggunaan ekonometri telah sedemikian luas sehingga hampir semua jurnal, tesis, disertasi, dan bahkan skripsi dalam ilmu ekonomi memakai ekonometri sebagai salah satu alat yang digunakan. Sementara itu dalam prakteknya, ekonometri terutama dipakai di bank sentral, oleh tim ekonomi pemerintah untuk melakukan perencanaan dan analisis kebijakan ekonomi, dan juga oleh dunia usaha untuk mengoptimalkan kinerja perusahaan. Selain di bidang moneter, ekonometri juga sudah banyak dipakai di berbagai bidang ekonomi yang lain dan juga bisnis dan manajemen, seperti mikroekonomi, marketing, dan finance.

Tujuan dan Manfaat Ekonometri

Salah satu tujuan dari ekonometrika adalah untuk memberikan kontribusi dalam membuat prediksi atau ramalan-ramalan yang sangat bermanfaat bagi semua pihak. Tujuan yang kedua adalah untuk dapat memberikan sumbangan kepada pembuat kebijaksanaan atau mengambil keputusan pada berbagai tingkaat untuk dapat membuat kebijaksanaan/ pengambilan keputusan yang lebih tepat serta mengevaluasi kebijaksanaan yang telah ada. Yang ketiga, untuk dapat memberikan sumbangan kepada analisis struktur ekonometrika dan analissis lintas sektoral. Dengan bantuan ekonometrikal semuanya dapat dilakukan tanpa mengalami kesusahan.

Ekonometri dapat dimanfaatkan untuk membuat estimasi sebuah fungsi beserta parameter-parameternya, yang selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk membuat prediksi untuk periode yang akan datang. Disamping itu, ekonometri lebih banyak memberikan perhatiannya kepada ilmu ekonomi positif.

Berdasarkan tujuan dan manfaat ekonometrika tersebut dapat disimpulkan bahwa ekonometrika lebih banyak memberikan perhatiannya kepada ilmu ekonomi positif, karena tidak diperlakukannya asumsi ceteris paribus sebagai akibat berperannya variabel disturbansi dalam model ekonometrika.

Struktur dan Model Ekonometri

Dasar dari struktur dan stabilitas adalah pola prilaku manusia yang rasional dan konsisten. Walaupun prilaku manusia diharapkan dapat stabil, struktur dapat berubah sepanjang waktu.

Model ekonomi matematis yang tidak mengindahkan kehadiran variabel disturbansi bersifat deterministis, sedangkanmodel ekonometrika yangmemasukkan variabel disturbansi kedalamnya bersifat stokastis. Dalam menyusun model/ struktur biasanya tersedia 4 bentuk hubungan yang dapat dimanfaatkan yaitu:
  1. Hubungan berbentuk definisi atau identitas yang tidak memerlukan pembuktian lebih lanjut atas kehadirannya, misalnya R = P Q atau pendapatan penjualan (R) sama dengan jumlah barang yang dijual (Q) dikal;ikan dengan harga penjualan perunit (P ).
  2. Hubungan yang berkaitan dengan teknologi seperti Q = f (K, L) atau keluaran yang dihasilkaan (Q) sebagai fungsi dari Kapital (K) dan tenaga kerja (L).
  3. Hubungan kelembagaan seperti jumlah penerimaan pajak penjualan sama dengan volume penjualan dikalikan tarif pajak penjualan per unit yang ditetapkan oleh lembaga pemerintah.
  4. Hubungan perilaku yang memperlihatkan respon sebuah variabel terhadap perubahan variabel ekonomi lainnya, misalnya C = f (Y ) atau pengeluaran konsumsi sebagai fungsi dari pendapatan disposebel.

Rujukan :
Abdul Aziz, M.Si. Ekonometri, Analisis Teori Dan Praktikum, UIN Malang Press, 2006.

sumber: wikipedia | blog.uin-malang.ac.id/abdulaziz

Berikut ini beberapa buku yang mungkin bisa sobat jadikan rujukan, tambahan bacaan dan wawasan lebih luas lagi mengenai Ekonometrika :
  • Aziz, Abdul, Ekonometrika, Teori Analisis Matematis dilengkapi Eksperimen dengan Matlab, Jakarta: Prestasi Pelajar , 2007.
  • Bibby, John, Prediction And Improcved Estimation In lInear Models, John Wiley & Sons, 1979.
  • Gujarati, Damodar. 2006. Dasar-Dasar Ekonometrika.Jakarta: Erlangga.
  • Greene, William.H, Econometrics Analysis, Macmillan, Inc., 1995
  • Hamilton, D.J., Time Series Analysis, Princeton University Press, New Jersey, 1994.
  • Hogg & Craig, Introduction toMathematical Statistics, Macmillan, Inc., 1978. Wiley & Sons, Inc., 1985.
  • Judge, G.G., et.al., Introduction to Theory and Practice of Econometrics, John Wiley & Sons, Inc., 1988.
  • LeSage, J.P. (1999), The Theory and Practice of Spatial Econometrics, Departement of Economics
  • University of Toledo.
  • Nachrowi, 2002. Penggunaan Teknik Ekonometrik, Penerbit Raja Grafindo Persada, Jakarta
  • Netter, J., et.al., Applied Linear Statistical Models, Richard D.Irwin, Inc., 1990.
  • Pratomo, Wahyu Ario dan Paidi Hidayat. 2007. Pedoman Praktis Penggunaan Eviews dalam Ekonometrik. Medan: USU Press.
  • Wonnacot, J.R. & Thomas Wonnacott, Econometrics, John Wiley and Sons, Inc., 1979.
  • Walpole &Myers, Probability and Statistics for Engineers and Scientists, Macmillan Inc., 1989.
  • dan masih banyak lagi....
Itulah tadi posting singkat mengenai Pengertian Ekonometrika Menurut Ahlinya. Terimakasih atas kunjungannya n jangan bosan-bosan ataupun jenuh untuk berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini, semoga ada guna dan manfaatnya. wassalam.