Kurikulum 2013 Mulai Diterapkan Bulan Juli 2013

Juli, Kurikulum 2013 Mulai Dijalankan

Selamat berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini. Melanjutkan publikasi bertema Kurikulum 2013, pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan berbagi posting singkat tentang Penerapan Kurikulum 2013. Atau mungkin sobat ingin sekedar menengok posting sebelumnya, tentang "Kurikulum 2013 Buku Gratis".

Kurikulum 2013
Kurikulum 2013

RADJIMAN (GM) - Meski terus menghadapi pro-kontra, Kementerian Pendidikan Nasional memastikan akan menjalankan kurikulum 2013 mulai Juli atau tepatnya pada tahun ajaran 2013-2014. Namun khusus untuk SD, kurikulum 2013 yang dianggap lebih mengutamakan pembentukan karakter baru akan dilaksanakan di 30 persen dari jumlah sekolah yang ada di setiap kota/kabupaten. Sedangkan di tingkat SMP dan SMA, ditujukan di semua sekolah.

Selain masih terbatas, kukirulum 2013 juga baru akan diterapkan di kelas 1 dan 4 SD, kelas 7 SMP, dan kelas 10 SMA sederajatnya. Perubahan yang cukup drastis yaitu di jenjang SD. Pasalnya, tidak akan menerapkan sistem mata pelajaran namun akan menerapkan program pembelajaran secara tematik.

Menteri Pendidikan Nasional, Muhammad Nuh mengungkapkan, sebelum kurikulum baru dilaksanakan terlebih dahulu akan digelar pelatihan kepada guru. Pelatihan direncanakan akan digelar pada Juni mendatang. Pelatihan kepada kepala sekolah, pengawas, dan para guru yang rencananya akan digelar pada Juni 2013 sebanyak 52 jam.

"Kita berharap untuk Juli 2013 sudah bisa mulai untuk kelas 1 dan 4 SD, kelas 1 SMP/ MTs, dan kelas 1 SMA/SMK/ MA," ujar Nuh saat menyosialisasikan kurikulum 2013 kepada para kepala sekolah dan pengawas sekolah se-Jawa Barat di kantor Dinas Pendidikan Jabar, Sabtu (16/3).

Menurutnya, hal terpenting yaitu adalah keinginan para guru untuk melaksanakan kurikulum 2013. Nuh mengatakan, dalam kurikulum 2013, ada tiga bagian penting yang tidak boleh terpisahkan. Yaitu dari sisi kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Sisi kurikuler adalah kurikulum yang digunakan, kokurikuler berupa pendalaman, dan ekstrakurikuler yang menjadi kegiatan siswa di luar jam belajar.

"Ketiganya itu satu kesatuan utuh. Intinya, apa yang didapatkan anak bisa optimum. Karena belajar itu tidak cukup hanya di sekolah," katanya.

Selain merancang pelatihan, saat ini Kemendiknas mengaku tengah mempersiapkan buku. Buku tersebut yaitu buku tematik pembelajaran untuk siswa SD dan sedang dalam proses peninjauan oleh tim ahli. Nuh memastikan, buku tersebut nantinya tidak akan membebani siswa karena akan diberikan secara gratis oleh Kemendiknas.

"Penyediaan buku dari anggaran pendidikan, DPR RI sudah menyetujui sebanyak Rp 73 triliun untuk Dikbud. Di dalamnya terdapat komponen untuk buku, kurikulum, dan pelatihan," kata Nuh.

Sementara itu, pemberlakuan kurikulum 2013 untuk jenjang SMP dan SMA/SMK akan dimulai untuk siswa kelas 1. Berbeda dengan jenjang SD, untuk SMP dan SMA/ SMK ditujukan untuk seluruh sekolah.

"Metode pembelajaran untuk SMP dan SMA/SMK masih sama yaitu berdasarkan pada mata pelajaran," katanya.

Oleh karena itu, Nuh berharap guru dan sekolah tidak perlu khawatir untuk menerapkan kurikulum 2013 karena masih akan diberikan pendampingan baik dari kepala sekolah, pengawas dan guru inti.

sumber: klik.galamedia.com

Itulah tadi update singkat mengenai Kurikulum 2013. Terimakasih atas kunjungannya n jangan bosan-bosan ataupun jenuh untuk berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini, semoga ada guna dan manfaatnya. wassalam.