.

Manfaat Membaca Menurut Para Ahli

Manfaat Membaca Menurut Para Ahli

Selamat berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini. Melanjutkan publikasi bertema seputar Membaca, pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan berbagi posting singkat tentang Manfaat Membaca Menurut Para Ahli. Atau mungkin sobat ingin sekedar menengok posting sebelumnya, tentang "Tujuan Membaca Menurut Para Ahli".

Manfaat Membaca, Manfaat Membaca Menurut Para Ahli, Manfaat Membaca Menurut Para Pakar, Manfaat Membaca adalah, apa saja Manfaat Membaca, Manfaat Membaca yaitu, fungsi Membaca

Berikut ini adalah beberapa manfaat membaca menurut para pakar yang kami ambil dari berbagai sumber :

Manfaat membaca menurut Gray & Rogers (1995) seperti yang dikutip oleh Oleh Supriyono (1998:3) :

1. Meningkatkan Pengembangan Diri
Dengan membaca seseorang dapat meningkatkan ilmu pengetahuan. Sehingga daya nalarya berkembangan dan berpandangan luas yang akan bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain. Seorang pustakawan harus banyak membaca untuk mengembangkan prestasi dan meningkatkan karir mereka.

2. Memenuhi Tuntutan Intelektual
Dengan membaca buku, pengetahuan bertambah dan perbendaharaan kata-kata meningkat, melatih imajinasi dan daya pikir sehingga terpenuhi kepuasan intelektual.

3. Memenuhi Kepentingan Hidup
Dengan membac,a akan memperoleh pengetahuan praktis yang berguna dalam kehidupan sehari-nari. Misalnya dengan membaca cara perawatan buku, maka akan diperoleh pengetahuan perawatan buku.

4. Meningkatkan Minatnya Terhadap Suatu Bidang
Seseorang yang senang buku internet misalnya dengan makin membaca buku-buku tentang internet, minatnya akan meningkatkan untuk mempelajarinya lebih mendalam.

5. Mengetahui Hal-hal yang Aktual
Dengan membaca seseorang dapat mengetahui peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan tanpa harus pergi ke lokasi, misalnya : adanya gempa bumi, banjir, kebakaran dan peristiwa wayang lain.

Manfaat membaca menurut Widyamartaya (1992: 140-141), antara lain:
  • dapat membuka cakrawala kehidupan bagi pembaca
  • dapat menyaksikan dunia lain-dunia pikiran dan renungan
  • merubah pembaca menjadi mempesona dan terasa nikmat tutur katanya.

Manfaat membaca menurut Suyitno (1985: 37-38), yaitu:
  • untuk penyempurnaan teknik membaca;
  • untuk penyempurnaan pemahaman isi bacaan;
  • untuk mendapatkan pemahaman kosakata;
  • untuk mendapatkan penumbuhan kesadaran untuk kepentingan membaca sebagai sarana mendapatkan informasi;
  • untuk mendapatkan penumbuhan sikap suka mencari kesenangan, kenikmatan, dan kepuasan batin

Manfaat membaca menurut Jordan E. Ayan, yang berdampak bagi perkembangan sebagian besar jenis kecerdasaan, diantaranya adalah,
  • Membaca menambah kosakata dan pengetahuan akan tata bahasa dan sintaksis. Yang lebih penting lagi membaca memperkenalkan kita pada banyak ragam ungkapan kreatif, dan dengan demikian mempertajam kepekaan linguistik dan kemampuan menyatakan perasaan. Dengan membaca, kita belajar mengenai metafora, implikasi, persuasi, sifat nada, dan banyak unsur ekspresi lain yang semuanya penting bagi segala jenis seniman, pelaku bisnis, atau penemu.
  • Banyak buku dan artikel yang mengajak kita untuk berintropeksi dan melontarkan pertanyaan serius mengenai nilai, perasaan, dan hubungan kita dengan orang lain.
  • Membaca memicu imajinasi. Buku yang baik mengajak kita membayangkan dunia beserta isinya, lengkap dengan segala kejadian, lokasi, dan karakternya. Bayangan yang terkumpul dari tiap buku atau artikel ini melekat dalam pikiran, dan sering waktu berlalu, membangun sebuah bentang jaringan ide dan perasaan yang menjadi dasar metafora yang kita tulis, gambar yang kita buat, bahkan keputusan yang kita ambil.

Manfaat Membaca untuk Kesehatan

Manfaat membaca yang dipublikasikan oleh Healt-Detik yang bersumber dari Lifemojo (12-03-2011), Setidaknya ada 5 manfaat membaca untuk kesehatan, yaitu:

1. Melatih otak
Salah satu keuntungan membaca buku adalah sebagai latihan otak dan pikiran. Membaca dapat membantu menjaga otak agar selalu menjalankan fungsinya secara sempurna. Saat membaca, otak dituntut unutk berpikir lebih sehingga dapat membuat orang semakin cerdas. Tapi untuk latihan otak ini, membaca buku harus dilakukan secara rutin.

2. Meringankan stres
Stres adalah faktor risiko dari beberapa penyakit berbahaya. keindahan bahasa dalam tulisan dapat memiliki kemampuan untuk menenangkan dan mengurangi stres, terutama membaca buku fiksi sebelum tidur. Cara ini dianggap bagu untuk mengatasi stres.

3. Menjauhkan risiko penyakit Alzheimer
Membaca benar-benar dapat langsung meningkatkan daya ikat otak. Ketika membaca, otak akan dirangsang dan stimulasi (rangsangan) secara teratur dapat membantu mencegah gangguan pada otak termasuk penyakit Alzheimer.

Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan otak seperti membaca buku atau majalah, bermain teka-teki silang, Sudoku, dan lain-lain dapat menunda atau mencegah kehilangan memori. Menurut para peneliti, kegiatan ini merangsang sel-sel otak dapat terhubung dan tumbuh.

4. Mengembangkan pola tidur yang sehat
Bila Anda terbiasa membaca buku sebelum tidur, maka itu bertindak sebagai alarm bagi tubuh dan mengirimkan sinyal bahwa sudah waktunya tidur. Ini akan membantu Anda mendapatkan tidur nyenyak dan bangun segar di pagi hari.

5. Meningkatkan konsentrasi
Orang yang suka membaca akan memiliki otak yang lebih konsentrasi dan fokus. Karena fokus ini, pembaca akan memiliki kemampuan untuk memiliki perhatian penuh dan praktis dalam kehidupan. Ini juga mengembangkan keterampilan objektivitas dan pengambilan keputusan.

Referensi :
  • Supriyono. 1998. Kontribusi Pustakawan Dalam Meningkatkan Minat Baca. Media Pustakawan, Vol. V, Nomor 3.
  • Widyamartaya, A. 1992. Seni Membaca untuk Studi. Yogyakarta: Kanisius
  • Suyitno. 1985. Teknik Pengajaran Apresiasi Sastra dan Kemampuan Bahasa. Yogyakarta: Hanindita
  • Hernowo. 2005. Quantum Reading. Bandung: MLC.
  • Healt-Detik (edisi Sabtu, 12/03/2011). diakses pada Kamis, 18/04/2013.
Itulah tadi update singkat mengenai Manfaat Membaca Menurut Para Ahli. Terimakasih atas kunjungannya n jangan bosan-bosan ataupun jenuh untuk berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini, semoga ada guna dan manfaatnya. wassalam.