.

Panduan Lengkap Cara Budidaya Bunga Gladiol

Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Hias Gladiol Yang Baik dan Menghasilkan

Selamat berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini. Melanjutkan posting dengan tema Budidaya. Pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan berbagi artikel yang membahas tentang Budidaya Bunga Gladiol. Atau mungkin sobat juga ingin sekedar menengok posting sebelumnya, tentang "Panduan Lengkap Cara Budidaya Bunga Dahlia".

Cara Budidaya Gladiol, Budidaya Bunga Gladiol, Cara Budidaya Bunga Gladiol Yang Baik, Cara Budidaya Bunga Gladiol, Bunga Gladiol

Sekelumit Pengantar Tentang Gladiol

Gladiol (berasal dari bahasa latin “Gladius” yang berarti pedang kecil, seperti bentuk daunnya) merupakan tanaman bunga hias berupa tanaman semusim berbentuk herba yang termasuk dalam famili Iridaceae. Berasal dari Afrika Selatan dan menyebar di Asia sejak 2000 tahun. Tahun 1730 mulai memasuki daratan Eropa dan berkembang di Belanda.

Hasil penelitian tahun 1988, Indonesia mengenal 20 varietas gladiol dari Belanda kemudian diuji multi lokasi di kebun percobaan Sub Balai Penelitian Hortikultura Cipanas. Tiga varietas diantaranya memiliki penampilan yang paling indah, (warna dan bentuknya berbeda dengan gladiol lama), yaitu: White godness (putih), Tradehorn (merah jingga), dan Priscilla (putih). Ragam jenis bunga gladiol adalah :
  • Gladiolus gandavensis : berukuran besar, susunan bunga terlihat bertumpang tindih, panjang 90-150 cm.
  • Gladiolus primulinus : berukuran kecil, sangat menarik. Bertangkai halus tetapi kuat dan panjangnya mencapai 90 cm.
  • Gladiolus ramosus : Panjang tangkai bunga 100-300 cm.
  • Gladiolus nanus : Tangkai bunga melengkung, dan panjang hanya 35 cm.
Beberapa kultivar bunga gladiol lainnya yang telah di uji di Indonesia adalah: Red Majesty, Priscilla, Oscar, Rose Supreme, Sanclere, Dr. Mansoer, Albino, Salem, Marah Api, Queen Occer, Ceker dan masih banyak lagi.

Badan Litbang Pertanian melalui Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi) telah menghasilkan empat varietas gladiol, yaitu, Dayang Sumbi, Kaifa, Clara, dan Nabila.

Kelebihan dari bunga potong gladiol adalah kesegarannya dapat bertahan lama sekitar 5-10 hari dan dapat berbunga sepanjang waktu. Gladiol juga kaya warna. Ada gladiol merah muda, putih bergaris ungu, oranye muda, oranye, kuning, gladiol dua warna, dan tentunya putih.

Cara Budidaya Gladiol, Budidaya Bunga Gladiol, Cara Budidaya Bunga Gladiol Yang Baik, Cara Budidaya Bunga Gladiol, Bunga Gladiol
Aneka Macam Bunga Gladiol : Arsip Australian Gardener

Cara Budidaya Bunga Gladiol Yang Baik

Selengkapnya mengenai Cara Budidaya Gladiol yang baik dan benar serta bisa menghasilkan tambahan pemasukan. Langsung saja silakan Sobat baca panduan budidaya Gladiol dibawah yang bersumber dari Warung Informasi Teknologi Kementerian Negara Riset dan Teknologi RI.

1. untuk zoom-in dan zoom-out manfaatkan ikon-ikon yang terletak di pojok kanan atas
2. untuk sekedar tambahan bacaan, pembelajaran, dan referensi, silakan download Cara Budidaya Tanaman Hias Gladiol diatas, filetype:pdf (klik disini)

Itulah tadi update singkat mengenai Panduan Budidaya Bunga Gladiol. Terimakasih atas kunjungannya n jangan bosan-bosan ataupun jenuh untuk berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini, semoga ada guna dan manfaatnya. wassalam.