.

Panduan Lengkap Cara Budidaya Bunga Krisan (Seruni)

Panduan Lengkap Cara Budidaya Bunga Krisan Yang Baik dan Menghasilkan

Panduan Cara Budidaya Bunga Krisan
Panduan Budidaya Bunga Krisan, Cara Budidaya Bunga Krisan, Budidaya Bunga Krisan Yang Baik, Budidaya Bunga Krisan
Bunga Seruni - Wikipedia
Selamat berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini. Melanjutkan posting dengan tema Budidaya. Pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan berbagi artikel yang membahas tentang Budidaya Bunga Krisan. Atau mungkin sobat juga ingin sekedar menengok posting sebelumnya, tentang "Panduan Lengkap Cara Budidaya Bunga Gerbera".

Pengantar Singkat Tentang Bunga Krisan

Bunga seruni, krisan, atau krisantemum adalah sejenis tumbuhan berbunga yang sering ditanam sebagai tanaman hias pekarangan atau bunga petik. Tumbuhan berbunga ini diperkirakan mulai muncul pada zaman Kapur (Periode Kapur atau Cretaceous adalah salah satu periode pada skala waktu geologi yang bermula pada akhir periode Jura dan berlangsung hingga awal Paleosen atau sekitar 145.5 ± 4.0 hingga 65.5 ± 0.3 juta tahun yang lalu).

Krisan merupakan tanaman bunga hias berupa perdu dengan sebutan lain Seruni atau Bunga emas (Golden Flower) berasal dari dataran Cina. Krisan kuning berasal dari dataran Cina, dikenal dengan Chrysanthemum indicum (kuning), C. morifolium (ungu dan pink) dan C. daisy (bulat, ponpon). Di Jepang abad ke-4 mulai membudidayakan krisan, dan tahun 797 bunga krisan dijadikan sebagai simbol kekaisaran Jepang dengan sebutan Queen of The East.

Bunga nasional Jepang ini dalam bahasa Jepang disebut sebagai キク (kiku). Karena aromanya yang wangi, bunga ini sering di tambahkan ke dalam teh agar lebih wangi dan nikmat. Krisan merupakan bagian dari tumbuhan suku kenikir-kenikiran atau Asteraceae yang mencakup bermacam-macam jenis Chrysanthemum.

Tanaman krisan dari Cina dan Jepang menyebar ke kawasan Eropa dan Perancis tahun 1795. Tahun 1808 Mr. Colvil dari Chelsa mengembangkan 8 varietas krisan di Inggris. Jenis atau varietas krisan modern diduga mulai ditemukan pada abad ke-17. Krisan masuk ke Indonesia pada tahun 1800. Sejak tahun 1940, krisan dikembangkan secara komersial.

Sentra produsen krisan di Indonesia terdapat di beberapa daerah, antara lain: Cipanas, Cisarua, Sukabumi, Lembang (Jawa Barat), Bandungan (Jawa Tengah), Brastagi (Sumatera Utara).

Kelebihan tanaman krisan selain sebagai bunga hias, juga sering digunakan sebagai tumbuhan obat tradisional dan penghasil racun serangga.

Cara Budidaya Bunga Krisan Yang Baik

Selengkapnya mengenai Cara Budidaya Krisan yang baik dan benar serta bisa menghasilkan tambahan pemasukan. Langsung saja silakan Sobat baca panduan budidaya Krisan dibawah yang bersumber dari Warung Informasi Teknologi Kementerian Negara Riset dan Teknologi RI.
Panduan Budidaya Bunga Krisan, Cara Budidaya Bunga Krisan, Budidaya Bunga Krisan Yang Baik, Budidaya Bunga Krisan
Taman Seruni (Krisan) - 123rf images


1. untuk zoom-in dan zoom-out manfaatkan ikon-ikon yang terletak di pojok kanan atas
2. untuk sekedar tambahan bacaan, pembelajaran, dan referensi, silakan download Cara Budidaya Tanaman Hias Krisan diatas, filetype:pdf (klik disini)

Itulah tadi update singkat mengenai Panduan Budidaya Bunga Seruni. Terimakasih atas kunjungannya n jangan bosan-bosan ataupun jenuh untuk berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini, semoga ada guna dan manfaatnya. wassalam.